Rabu, 12 Oktober 2011

Tidur Yang Berkualitas

Sudahkan Anda cukup dalam beristirahat? Apa Anda sering tidur larut malam demi melanjutkan pekerjaan kantor, mempersiapkan diri untuk ujian, ataupun menonton acara TV Favorit? Sebelum kebiasaan itu merusak kesehatan Anda, mari kita simak artikel berikut.

Berapa lama waktu yang dibutuhkna untuk tidur? Setiap orang memiliki kebutuhan jam tidur yang berbeda-beda, tergantung pada usia dan kondisi tubuh. Namun orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu tidur 7-8 jam sehari. Selain asupan nutrisi yang seimbang dan olahraga, tidur juga dibutuhkan oleh tubuh.Tidur yang berkualitas menjadi kunci untuk mendapatkan tubuh yang pikiran yang segar di pagi hari, sehingga Anda dapat menjalani aktivitas secara optimal. Tidur juga memegang peranan penting dalam menjaga emosi tetap stabil. Tak hanya itu, saat kita tidur, tubuh memulihkan fungsi organ-organ, meremajakan sel-sel, dan memproduksi hormon kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, kurang tidur tak boleh dianggap sepele. Bahkan kekurangan sedikit saja waktu tidur mampu memberi efek buruk pada mood, energi, kemampuan berpikir dan konsentrasi, serta ketahanan tubuh terhadap infeksi, penyakit dan stres. Belum lagi pengaruhnya pada tampilan kulit dan wajah. Antara lain mata bengkak, lingkaran hitam dibawah mata, dan kulit yang tampak pucat dan kusam sehingga Anda terlihat tua dibanding usia sebenarnya.

Bagaimana caranya agar tidur kita berkualitas? Silahkan coba tips berikut ini :
  1. Tenangkan Pikiran. Sebelum tidur lakukan pernapasan relaksasi. Boleh juga sambil mendengarkan musik atau suara alam yang menenangkan sebagai pengantar tidur Anda. Wangi lavender dengan aromaterapi juga dapat merangsang pikiran untuk lebih tenang.
  2. Hindari kafein dan alkohol. Kedua zat tsb dapat membuat Anda terjaga semalaman, jadi pastikan Anda tak mengkonsumsinya sesaat sebelum tidur.
  3. Jaga Makanan. Mengkonsumsi terlalu banyak makanan, terutama yang pedas dan berlemak, sebelum tidur membuat sistem pencernaan bekerja keras sehingga berakibat Anda sulit tidur.
  4. Atur Pencahayaan. Seperti halnya suara bising, cahaya terang juga dapat menganggu tidur. Jadi atur lampu kamar dengan pencahayaan minimal, agar kualitas tidur Anda maksimal.
  5. Jadikan Kebiasaan. Ciptakan kebiasaan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan di hari libur sekalipun, sehingga tubuh Anda tahu kapan harus beristirahat dan kapan harus bangun untuk beraktivitas.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar