Senin, 13 Desember 2010

Ayo Jalan Kaki !

Siapa yang suka jalan kaki ??? Selamat buat Anda yang hobi jalan kaki. Karena ternyata jalan kaki itu bermanfaat loh. Mau tau manfaatnya ?? Silhakan simak artikel berikut ya...

Jalan kaki adalah latihan fisik murah meriah yang mudah dilakukan oleh siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia (lansia). Asalkan jalan kaki yang dimaksud bukan jalan kaki perlahan-lahan tapi sedikit cepat.



Untuk lansia, daripada diam saja tidak banyak bergerak, lebih baik jalan kaki meskipun perlahan-lahan. Jalan kaki adalah gerakan melangkah untuk merangsang pembuuh darah, otot dan syaraf, sehingga melancarkan sirkulasi darah dan membakar kalori.

Jalan kaki sangat bermanfaat bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaat dari berjalan kaki :
  • Mengurangi resiko serangan jantung. Otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras agar berfungsi normal memompakan darah ke seluru tubuh tanpa henti. Berjalan kaki tergopoh-gopoh meningkatkan sirkulasi darah dari dan ke dalam. Kadar kolesterol baik akan meningkat dengan latihan fisik berjalan kaki tergopoh-gopoh ini. Tidak banyak cara diluar obat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik selain dengan menggerakkan badan. Berjalan kaki tergopoh-gopoh mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya.
  • Berat badan stabil. Kebiasaan baik berjalan kaki rutin meningkatkan fungsi metabolisme tubuh. Sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, juga kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga menghambat terjadinya kenaikan berat badan.
  • Mencegah osteoporosis/kerapuhan tulang. Tidak ada salahnya mulai sekarang Anda rutin jalan kaki cepat. Manfaatnya, mengkokohkan tulang dan otot badan semakin kuat. Tak cukup ekstra kalsium saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan latihan fisik plus sekitar 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis.
Sekarang Anda (dan yang nulis) sudah mengetahui manfaat berjalan kaki. So, tunggu apa lagi ???


Sumber  : Alia - Nopember 2010
Gambar : republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar